Jumat, 29 Januari 2010

Cara Mengubah File Word ke Bentuk PDF

Sebenarnya genre tulisan ini sangat berbeda dengan tulisan-tulisan sebelumnya di blog ini. Namun, saya merasa hal ini penting untuk saya sampaikan ke teman-teman sebab hal ini sangat krusial bagi Anda terutama bagi para pelamar pekerjaan atau beasiswa yang sering kali berhadapan dengan hal-hal yang menggunakan aplikasi PDF di dalamnya, misal Curriculum Vitae. Selain itu, sebenarnya saya cuman mau nambahin aja postingan terbaru krn dah lama nggak ngubah-ngubah tampilan blog ini.. (hehehe,, lagi males kali yak..)

Baik, daripada berlama-lama membincang kenapa tulisan ini hadir mari kita mulai "berlatih" (hehehe,, kyk PSSI aja..) mengubah file word Anda ke PDF. Tapi, sebelumnya saya sampaikan bahwa tutorial seperti ini sebenarnya sudah sangat banyak namun menurut saya tutorial ini lebih mudah dari yang laen.. Karena selain singkat, ini juga murah lho.. cukup 5000 rupiah saja (lha kok malah jualan yak?? hehehe..)


Oke cappo,,!! (minjem dari istilah Syahrul Yasin Limpo, red)
Let's play..!!

1. Pertama,, silakan teman-teman download dulu software gratis dan "ringan" ini doPDF

2. Jika sudah selesai, langsung diinstal aja ke komputer teman-teman

3. Sudah??? Langkah selanjutnya,, teman-teman tinggal membuka file Microsoft Word yang ingin Anda ubah ke dalam bentuk PDF

4. Setelah itu silakan pilih toolbar Print atau menekan Ctrl+P. Pastikan aplikasi yang udah temen-temen download dalam kondisi "aktif" (Ket : Set as Default Printer : doPDF v7) tapi jika belum, silakan mengaktifkannya di Control Panel - Printer and Faxes.

5. Pastikan Anda "berhadapan" dengan dialog box Print lalu pilih OK. Maka selanjutnya akan tampil "dialog box" dr software tersebut. Pilih Browse untuk menempatkan file yang telah Anda konversi ke PDF trus jangan lupa,, ketik nama file sesuka Anda.

6. Jika semua sudah dilewatin (ciee,, kayak petualangan aja..) pilih OK dan tunggu sejenak maka file Anda akan tampil dalam bentuk PDF.


Gimana??? mudah kan..????
Kalo gitu silakan mencoba dan semoga bermanfaat...

Tidak ada komentar:

Posting Komentar